Dharmasraya, Pilarbangsanews.com– Nagari Tebing tinggi kecamatan Pulau Punjung satu-satunya nagari yang masuk dalam penilaian transparansi dana desa 2019,yang insya Allah akan dilaksankan jumat (29/11) di Padang, pasalnya Nagari Tebing Tinggi terpilih mewakili nagari di Dharmasraya.

Sebelum melaju ke penilaian transparansi dana Desa perlunya pertimbangan yang matang dari pihak terkait Kabupaten Dharmasraya seperti Badan Pemberdayaan Masayarakat Desa (BPMD) dalam memilih Nagari yang layak untuk kopetensi di provinsi.

Keterangan tersebut disampaikan wali Nagari Tebing Tinggi Kecamatan Pulau punjung kabupaten Dharmasraya Seprianedi kepada media ini diruangannya (26/11),beliau wali nagari mengungkapkan bahwa Nagarinya mewakili Dharmasraya ketingkat provinsi (29/11),dalam penilaian transparansi dana desa tahun 2019.

Wali Nagari Seprianedi menjelaskan lebih lanjut,pelaksanaan program dana desa di nagarinya sangat terbuka dan transparan mulai dari perencanaan,pelaksanaan dan pertanggung jawaban yang tepat waktu,serta pengunaannya pun di masukan kedalam web side Nagari supaya masyarakat bisa melihat langsung dan cek langsung dalam kegunaan ADD.

Dalam pelaksanaan serta pengunaan dana desa semua lini terlibat bukan saja dari unsur nagari saja,seperti Bamus,Niniak Mamak, LPM, tokoh masyarakat,perangkat Nagari dihadirkan dalam tahapan perencanaan,sampai perencanaan,dan pengunaan ADD,mengacu ke prioritas pembangunan.

Wali Nagari Tebing Tinggi Seprianedi menambahkan bahwa Nagari Tebing Tinggi pada jumat 29/11 mengikuti penilaian Transparansi Dana Desa di provinsi Sumbar (Padang).satu -satunya mewakili Nagari se kabupaten Dharmasraya yang ikut dalam penilaian tersebut,tentu DPMD Kabupaten Dharmasraya penuh pertimbangan yang matang,dan Norma – Norma yang memungkinkan mewakili Dharmasraya ke tingkat Provinsi.

Upaya yang maksimal mempersiapkan diri untuk ajang tersebut,penilaian transparansi tentu mengacu kepada keterbukaan kita dalam mengunakan program dana desa kepublik,Penyadar masyarakat yang tak kala penting,dalam pelaksanaan program bukan berarti seluruh jorong mendapatkan program ADD,kita harus berpijak kepada yang membutuhkan prioritas.

Begitupun dengan armada masyarakat seperti Mobil,bagi masyarakat yang mempunyai mobil untuk mengisi Material,di bagi kepada masyarakat dalam potensi apa yang ada di Nagari Tebing tinggi tetep di berdayakan sesuai kemampuan masing-masing dalam kebutuhan bahan pembangunan material,akan dibagi rata supaya jangan ada cemburu sosial dalam pelaksanaan kegiatan di Nagari Tebing Tinggi tutup Seprianedi.

Ketika wartawan ini mengkomfirmasikan kepada kepala BPMD Kabupaten Dharmasraya melalui Kasi Kelembagaan dan Pembinaan Pemerintah Nagari Yuli Adri, SKM.M.si,membenarkan hal tersebut,bahwa esok harinya beliau akan mempersiapkan ekspos di Kantor Nagari Tebing Tinggi dalam transparansi Dana Desa.

Bahwa Transparansi Dana Desa prosesnya tepat waktu di Nagari Tebing Tinggi,maka Nagari tebing tinggi lah yang mewakili dalam penilaian taransparansi Dana desa di Provinsi, karena, tahapan – tahapan perencanaan berjalan dengan semestinya yang melibatkanBamus nagari,Lintas sektor Nagari, niniak mamak, di ikut setakan dalam pembahasan anggaran.

Dalam APB Nagari pun sangat transparan, seperti alek nagari yang melibatkan ninik mamak,bila ada di angarkan maka dijelaskan bila tidak ya… tidak, jadi transparansi pengunaan dana desa di Nagari Tebing tinggi telah berjalan sesuai normanya,kemudian di sosialisasikan berapa besaran anggaran dan yang paling di prioritaskan melalui web side Nagari Sinar kata Yuli Adri.

Yuli Adri pun menjelaskan lebih rinci bahwa setelah tahapan perencanaan dalam pengunaan dana desa dilanjutkan dengan perencanaan,pelaksanaan dan pertangung jawaban tepat waktu maka Nagari Tebing Tinggi di pilih mewakili Kabupaten Dharmasraya ke tingkat Provinsi tutup Yuli Adri (San).

Bagikan Berita