Diadakan Satu kali Setahun Setelah Hari Raya Idul Fitri Tepatnya Pada Bulan Syawal

Dirumah Adat Nagari Yang biasa disebut masyarakat Rumah Panjang.

Yang Dihadiri Oleh Wali Nagari ,Niniak Mamak Nan Salapan, Urang Gadang Basah Batua Nan baduo, Bundo Kanduong Limpapeh Rumah Nan Gadang. Dan Seluruh Lapisan Masyarakat Nagari Tebing Tinggi, Beserta Undangan.

Alek Nagari Dimulai Dengan Arak-arakkan dari mesjid ke tempat bersejarah, kemudian menuju rumah panjang, Di Rumah Panjang Inilah Seluruh Acara dilakukan, Yg diawali dengan makan Bajambah di dalam rumah gadang.

Pada tahun ini Tepatnya Tanggal 18 Juli 2017 ( 1438 H ), Alhamdulillah alek Nagari Tebing Tinggi Di Hadiri Oleh Bupati Dharmasraya, Sutan Riska Taunku Kerajaan, SE (28 ), Kepala Dinas Pariwisata, Sutan Hendri, S.Kom, Anggota DPRD Dapil 1,H.Heri Saputra, SE.MM (42) dan diliput oleh Televisi swasta TRANS7  Liputan Jejak Petualang. Tamu Undangan ini Di sambut Dengan Silek Sonsong oleh Anak Nagari. Dan Berbagai Atraksi Lainnya Seperti Silek Harimau.

Alek Nagari Ini Juga Dimeriahkan Dengan Permainan anak Nagari, Seperti Tari Pasambahan, Tari Padusi, Tari Piring, Dll. Dan Lomba-Lomba Seperti LOmba Uda Uni Nagari, Fashion Show Anak-anak Pakaian Adat Minang Kabau, Panjat Pinang, Pacu Upia, Tarek Tambang, Lomba Bacanang, dan Lainnya.

 

Bagikan Berita